by

Air Show Di Bandara Banyuwangi (2): Ribuan Masyarakat Kunjungi Semarak Dirgantara 2023

-TNI Polri-430 views

Bhayangkara101, Banyuwangi.- Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE, MPP, CSFA yang didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo turut serta menyaksikan atraksi keudaraan “Semarak Dirgantara 2023” bersama ribuan pengunjung yang memenuhi kawasan Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, dalam acara kolaborasi Spotdirga TNI AU dan Pemerintah Banyuwangi, Jawa Timur akhir pekan lalu

Nampak antusiasme masyarakat menjadi bukti bahwa hal-hal terkait kedirgantaraan masih tetap menjadi tontonan menarik masyarakat, mulai dari berdirinya AURI hingga era TNI AU saat ini.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., dalam sambutannya menyampaikan, acara semacam Semarak Dirgantara, yang kolaborasi TNI AU bersama Pemkab Banyuwangi, dapat membantu mengenalkan potensi pariwisata kedirgantaraan yang berbalut keindahan wisata alam dan budaya Banyuwangi.

Foto: Dok Dispenau

“Harapan kita Semarak Dirgantara tidak hanya menumbuhkan rasa cinta terhadap kedirgantaraan, khususnya TNI AU, tetapi juga sekaligus mampu meningkatkan perekonomian daerah melalui potensi wisata kedirgantaraan,” ujar Kasau.

Dalam acara ini, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, Kasau menyerahkan bantuan secara 33 unit kursi roda dan 600 paket Sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat.

Tidak hanya itu, Kasau juga menyerahkan bantuan mobil water treatment kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas untuk dimanfaatkan bagi masyarakat yang kesulitan air bersih.

Acara Semarak Dirgantara ini memasuki hari kedua, setelah sehari sebelumnya atraksi dirgantara TNI AU dan FASI berkolaborasi dgn sendra tari kolosal “Gandrung Sewu 2023”, pada hari kedua dimeriahkan dengan penampilan drumband Gita Dirgantara dari Taruna Akademi Angkatan Udara, Terjun payung Wara Kopasgat, Manuver dari EMB 314 super Tucano dan panggung hiburan band pelajar se-Banyuwangi serta marching band SMA II Bhayangkara Banyuwangi.

Foto: Dok Dispenau

Juga Static Show pesawat Boeing 737, C-130 Hercules dan Super Tucano TNI AU serta pesawat-pesawat ringan FASI.

Di penghujung acara, TNI AU juga mengajak kalangan masyarakat dan pelajar yang hadir untuk terbang gembira melalui Joy Flight lewat pesawat TNI AU dan berbagai pesawat sport dan ringan dari klub Indonesia Flying Club serta Jogya Flying Club dibawah Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang merupakan National Airsport Control (Regulator Ordirga) di Indonesia dibawah pimpinan Kasau selaku Ketum FASI.

Pada kesempatan yang sana, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya S.Sos selaku pimpinan kegiatan mengatakan, digelarnya acara, untuk mendekatkan TNI AU dan masyarakat sehingga nantinya akan terlahir generasi-generasi muda yang mencintai kedirgantaraan khususnya Angkatan Udara dan berkeinginan menjadi bagian dari kedirgantaraan Indonesia. Acara Semarak Dirgantara hari pertama dan kedua ini disiarkan secara langsung “live streaming” oleh Airman TV Dispenau lewat media sosial dan online serta di reshare oleh berbagai media massa lain.

MB101 – Dispenau

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *