by

Tingkatkan Kemampuan Koramil Model, Kodim 0505/JT Gelar Latnis dan Lattis TW-II

Bhayangkara101,Jakarta Timur. – Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom, M.Tr (Han) memberikan sambutannya tentang materi Binter secara garis besar kepada peserta kegiatan Latnis dan Lattis Koramil TW. II Tahun 2022 selama 5 (lima) hari terhitung sejak (23/05) s.d (27/05) di Aula Koramil Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (24/05/22).

Dalam kesempatan itu, Kasdim 0505/JT menyampaikan pembahasan tentang sejarah pembinaan teritorial (Binter) dan perkembangannya, ancaman dan tantangan teritorial terhadap ideologi, politik, ekonomi dan Hankam, Kegiatan Latnis, Lattis Binter TNI AD, Peran Binter dalam melaksanakan tugas pokok TNI AD pada Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang harus dipahami oleh Babinsa.

Ditambahkan oleh Kasdim bahwa pengadopsian doktrin ini menempatkan Binter sebagai strategi pertahanan matra darat yang dikembangkan untuk mengantisipasi permasalahan teritorial yang terdiri dari perpaduan dinamika unsur geografi, demografi, dan kondisi sosial. “Usaha antisipasi tersebut dilakukan dengan mengembangkan konsep Binter yang diarahkan untuk memperoleh suatu kekuatan kewilayahan, di mana geografi sebagai ruang juang, demografi sebagai alat juang, dan kondisi sosial sebagai kondisi juang yang tangguh bagi penyelenggaraan pertahanan negara,” imbuhnya.

Kegiatan Latnis dan Lattis Teritorial kali ini difokuskan pada peningkatan kemampuan dasar, Sikap Teritorial, Management teritorial, Binwanra, Komsos, Penguasaan Wilayah dan Temu Cepat, Lapor Cepat yang meliputi pengetahuan dan ketrampilan dasar Satuan Komando Kewilayahan.

Setiap kegiatan apapun yang dilaksanakan harus dengan semangat dan penuh dedikasi, serta kegiatan tersebut harus menjadi suatu kebutuhan yang harus dilaksanakan bagi setiap prajurit Komando Kewilayahan yaitu dengan sikap teritorial yang humanis.

Kesiapan Aparat Komando kewilayahan (Apkowil) akan terwujud dengan kegiatan belajar dan berlatih secara teratur dan terukur yang dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut. Agar pelaksanakan latihan ini mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan oleh komando atas.

Para Danramil yang memberikan materi dalam kegiatan Latnis dan Lattis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas para Babinsa ini, seperti materi Sikap Teritorial oleh Mayor Czi Jarmadi, materi Management teritorial oleh Kapten Inf Supriyatno, materi Binwanra oleh Kapten Arm Asnawi, materi Komsos oleh Kapten Inf Hadi Sasmungi, materi Penguasaan Wilayah oleh Kapten Inf Irwan Iryanto dan materi temu cepat, lapor cepat oleh Kapten Inf Sayidan SE, Kegiatan Latnis dan Lattis ini diikuti oleh perwakilan Babinsa dari Koramil jajaran Kodim 0505/Jakarta timur.

MB101 – Kodim 0505/JT

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed