by

Antisipasi Banjir Babinsa Dan Warga Bersihkan Gorong-Gorong

Bhayangkara101,Boyolali. – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan, masyarakat bersama Babinsa Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/ Boyolali Serda Supriyadi melakukan gotong royong membersihkan gorong -gorong atau selokan air di Desa Kenteng Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali, Kamis (14/04/2022) .

Serda Supriyadi bersama warga setempat bahu membahu membersihkan saluran air, tumpukan sampah hingga lumpur yang berada didalam selokan dibersihkan dengan mengunakan cangkul dan alat seadanya guna mengantisipasi tersumbatnya selokan air karena sampah.

Serda Supriyadi mengatakan bahwa selain saluran air, sejumlah titik yang menjadi perhatian di antaranya memotong dahan yang kiranya membahayakan, membersihkan sampah dan rumput liar di sepanjang saluran air.

“Karya bakti kali ini dilakukan karena sudah banyak terlihat tumpukan tanah dan sisa-sisa material di selokan, dikhawatirkan akan terjadi penyumbatan pada selokan yang bisa menyebabkan banjir, apalagi awal tahun ini intensitas terjadinya hujan yang disertai angin kencang sangat tinggi, hampir setiap hari turun hujan, ”ujar Serda Supriyadi

Sesuai Perintah Dandim 0724/ Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A.  agar Babinsa selalu membantu kesulitan rakyat, seperti saat saat ini yang kita lakukan, merupakan wujud kepedulian Babinsa kepada warga binaan dalam mengatasi kesulitan di tengah-tengah masyarakat, tujuannya untuk meringankan beban masyarakat dan sekaligus untuk membangun keakraban dan kekeluargaan, harapannya keberadaan Babinsa di tengah masyarakat dapat diterima dan berdampak positif bagi masyarakat.

Serda Supriyadi juga memberi himbauan agar para warga setempat, waspada dengan perubahan cuaca yang bisa berubah setiap saat, kurangi bepergian yang kurang penting saat cuaca hujan dan jangan lupa tetap jaga kebersihan serta jangan membuang sampah sembarangan yang bisa mengakibatkan selokan tersumbat dan dapat menyebabkan banjir.

Selain dapat mengakibatkan banjir, apabila selokan tersumbat juga dapat menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah.

“Dengan adanya kerjabakti ini saya harapkan, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan saluran air dan lingkungan akan meningkat, sayangi diri dan keluarga kita “pungkas Babinsa

MB101

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed