by

Bahas Kerja Sama Pertahanan, Kasau Lakukan Bilateral Meeting Dengan Sejumlah Pemimpin AU

-TNI Polri-98 views

Bhayangkara101, Canberra.– Disela-sela konferensi internasional Air and Space Power, hari kedua, di National Convention Centre, Canberra, Australia, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., melakukan serangkaian pertemuan bilateral membahas kerjasana dengan sejumlah pemimpin dunia dan pemimpin Angkatan Udara negara sahabat, Rabu (23/3/2022).

Kasau melakukan pertemuan dengan US Deputy Under Secretary of Air Force, Kelli Seybolt. Pada pertemuan tersebut, Kasau mengharapkan pemerintah Amerika Serikat memberi kesempatan lebih banyak program pendidikan untuk perwira TNI AU melalui program FMS.

Berikutnya, Kasau melakukan pertemuan dengan Commander PACAF General Kenneth S. Wilbach. Dengan pejabat AU Amerika Serikat wilayahPasifik ini, Kasau menyatakan komitmen Indonedia untuk terus meningkatkan kerjasama bidang latihan bersama. General Wilbach juga menyampaikan pengalaman pengoperasian pesawat F 15 di jajarannya.

Selanjutnya, Kasau melakukan pertemuan dengan Commander Papua New Guinua Defence Force (PNGDF) Maj.Gen. Mark Goina. Kedua pemimpin AU, sepakat meningkatkan kerjasama bilateral aspek udara. Kasau menyarankan Athan PNG untuk berkunjung ke Mabesau Jakarta guna membahas rencana trrsebut, dengan menjajaki kemungkinan dilaksanakan FGD atau JWG.

Setelah bertemu dengan Gen. Goina, Kasau melanjutkan pertemuan bilateral dengan UN Military Advisor, Gen Diop. Kepada Kasau, Gen Diop mengucapkan apresiasi dan terimasih atas partisipasi aktif Indonesia dalam misi UN. Dirinya berharap, Pemerintah Indonesia dan TNI dapat mendukung dan berpartisipasi pada misi UN.

Pertemuan bilateral berikutnya dilakukan Kasau dengan Commander Philipine Air Force (PAF) General Canlas. Kedua pejabat sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama. Pada aspek udara, Kasau mengajak PAF memulai kerja sama dengan diskusi pengalaman penggunaan pesawat T/FA-50, termasuk penggunaan simulator T-50 di Pilipina.

Sementara Gen. Canlas, menyampaikan minatnya kerja sama HADR dengan Indonesia, karena Philipina juga termasuk negara rawan bencana. Selain itu dirinya mengundang Kasau untuk hadir di kegiatan ADAS 2022 di Pilipina.

Pada setiap pertemuan bilateral, Kasau didampingi Asintel Kasau Marsda TNI I Wayan Sulaba, Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos, dan Atud RI di Canbera Kolonel Nav M. Jausan.

MB101 – DIspenau

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed