by

Rakor Intel TNI AU 2022 Intelijen TNI AU Harus Miliki Kemampuan Deteksi dan Antisipasi Ancaman

-TNI Polri-53 views

Bhayangkara101, Jakarta.- Sebagai bagian dari intelijen TNI yang bertugas mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI dan tugas TNI AU, Intelijen TNI AU diharapkan memiliki kemampuan yang memadai dalam mendeteksi dan mengantisipasi setiap bentuk ancaman, baik yang bersifat potensial maupun nyata.

Hal ini disampaikan Asisten Intelijen (Asintel Kasau), Marsekal Muda TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc, saat membuka Rapat Koordinasi Intelijen TNI AU Tahun 2022 di gedung Suharnoko Harbani Mabesau Cilangkap, Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Asintel Kasau mengatakan, kemampuan Intelijen TNI AU untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini, harus diwujudkan melalui pembinaan intelijen yang diselanggarakan secara terencana, terarah, terpadu dan terus menerus.

“Pembinaan kemampuan dimulai dari perumusan kebijakan umum intelijen TNI AU yang baik, yang diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas, khususnya di bidang intelijen,” ujar Asintel Kasau.

Asintel berharap, Rakor dapat dijadikan wahana komunikasi dan sharing ilmu pengetahuan, sehingga dapat memperkaya dan menambah pengalaman, serta sebagai solusi dalam pelaksanaan tugas sehari hari.

“Besar harapan saya para peserta Rakor Intel memanfaatkan kesempatan Rakor untuk menyampaikan kendala yang dihadapi di satuan kerja masing masing, sehingga dapat di cari solusinya dan dapat di jadikan pedoman serta gambaran dalam menghadapi permasalahan yang terjadi, ” harap Asintel Kasau.

Dalam Rakor Intel tahun 2022 ini, menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Prof. Hikmahanto Juwana SH, LLM, PHd, yang membahas tentang kedaulatan udara di ZEE dan Dr. Tongam L. Tobing yang membahas tentang penegakan hukum pada sektor keuangan serta investasi legal atau illegal.

Selain itu, para peserta Rakor juga menerima pembekalan dari Kadispamsanau dan Kadissurpotrudau.

Sebelum menutup Rakor Intel, Asintel Kasau memberikan sejumlah penekanan kepada seluruh peserta, antara lain tingkatkan keimanan dan ketaqwaan, pelajari dan Kuasai kapabilitas intelijen udara modern, tingkatkan sense of security dan sense of intelligence, pegang teguh komitmen netralitas TNI, cermati berbagai disrupsi internal maupun eksternal, dan menjaga kedisiplinan militer dan loyalitas tegak lurus.

Asintel Kasau juga menekankan pentingnya sikap proaktif dalam kehidupan sosial ekonomi, sehingga dapat tercipta sinergi dalam pembangunan nasional.

Rakor dengan tema “Peningkatan Pembinaan Intelijen TNI AU Guna Mewujudkan Kemampuan Operasional Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas TNI AU dan Tugas Pokok TNI”, dihadiri secara langsung Waasintel Kasau, Kadispamsanau, Sesdispamsanau, para Paban Sintelau dan para pejabat TNI AU lainnya.

Sementara itu Jajaran Koopsudnas, Lanud Jajaran Koopsud I, II, III, Jajaran Kodiklatau, Satrad Jajaran Koopsud, Jajaran Kopasgat, dan para pejabat TNI AU lainnya, mengikuti secara virtual melalui video conference (vicon).

MB101 – Dispenau

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed