by

Dinas Jasmani Angkatan Darat Selenggarakan Penataran Pemeriksaan Postur Tubuh

Bhayangkara101,JAKARTA. – Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat (Kadisjasad) Brigadir Jenderal TNI Khairul Anwar M.,S.H.,M.Tr.(Han) membuka Penataran Pemeriksaan Postur Tubuh yang diselenggarakan mulai tanggal 29 November 2021 sampai dengan 13 Desember 2021 bertempat di Pusat Pendidikan Jasmani (Pusdikjas) Cimahi, Jawa Barat.

Dalam keterangan tertulis Disjasad, Kamis (9/12/2021), pada acara pembukaan penataran tersebut, Kadisjasad dalam sambutannya menegaskan bahwa pelaksanaan penataran pemeriksaan postur tubuh ini tidak terkesan sekedar melaksanakan rutin program yang diselenggarakan tiap tahun tanpa hasil.

“Tujuan dari pelaksanaan penataran ini harus benar – benar terwujud. Penataran ini merupakan penjabaran program kerja bidang latihan yang direncanakan oleh TNI Angkatan Darat dalam rangka menyiapkan kader-kader yang profesional dalam pemeriksaan postur tubuh di satuan jajaran TNI Angkatan Darat, “ ujar Kadisjasad dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakan, selain peningkatan kemampuan dalam pemeriksaan postur tubuh, para petatar maupun yang memberikan pelajaran harus mempunyai ide-ide yang kreatif dan positif dalam menentukan alat kerja, simbol, metode maupun kesamaan persepsi dalam melaksanakan pemeriksaan postur tubuh sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan.

“Sehingga dalam mencari postur prajurit yang dimulai dari daerah sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh TNI Angkatan Darat, “ tegas Kadisjasad.

Dalam penataran pemeriksaan postur tubuh ini, selain guru militer ( Gumil) yang disiapkan oleh Disjasad juga dibantu dosen dari FPOK UPI yaitu Dr. Imam Imanudin (Pengetahuan Dasar Postur Tubuh dan Kelainan Struktur Anatomi ), Dr. Hamide Ronald (Anatomi dan Fisiologi) dengan tujuan para peserta penataran mempunyai ilmu pengetahuan tentang postur tubuh sehingga dapat memberikan masukkan maupun ide-ide yang kreatif sesuai dengan keilmuannya yang menjadikan para peserta penataran menjadi profesional, efektif dan modern.

Di akhir sambutan pembukaan penataran, Kadisjasad Brigadir Jenderal TNI Khairul Anwar M.,S.H.,M. Tr. (Han) menegaskan agar penyelenggara dapat melaksanakan kegiatan ini dengan maksimal khususnya kepada para pemberi materi pelajaran dapat mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan yang terbaik sehingga para peserta penataran memperoleh bekal ilmu untuk melaksanakan tugas di masing-masing satuan.

Penataran pemeriksaan postur tubuh ini diikuti oleh personel dari Jasmani Kodam, Jasmani Rindam, Jasmani Korem maupun Pusdikjas Kodiklatad.

MB101 – Dispenad

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed