by

Dankormar Sandang Dua Brevet Anti Teror dan Tri Media

-TNI Polri-64 views

Bhayangkara101, Jakarta Selatan.- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., menerima penyematan Brevet Tri Media Intai Amfibi Marinir dan Brevet Anti Teror Aspek Laut Detasemen Jalamangkara TNI AL yang berlangsung di Kesatrian Arthur Solangs, Markas Komando Detasemen Jalamangkara, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (31/05/2024).

Penyematan Brevet Tri Media Intai Amfibi Marinir dan Brevet Anti Teror Aspek Laut Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI AL kepada orang nomor satu di Korps Marinir tersebut sebagai wujud penghargaan atas jasa-jasa dan upaya yang tulus untuk kemajuan Detasemen Jalamangkara dan Intai Amfibi Marinir. Di samping itu juga sebagai bentuk apresiasi yang tinggi atas keteladanan, jiwa, sikap, semangat dan integritas yang telah diberikan kepada Pasukan khusus (Passus) Detasemen Jalamangkara dan Intai Amfibi Marinir selama ini.

 

Foto: Dok Dispen Kormar o

Prosesi penyematan brevet kehormatan dikemas dalam simulasi sebuah aksi penanganan anti teror. Yaitu diawali pemberian perintah operasi oleh Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka) Kolonel Marinir Rino Rianto, M.M., M.Tr.Hanla., didampingi Danyontaifib 1 Mar Mayor Marinir Laili Nugroho.M.Tr.Opsla., Dalam adegannya pergerakan cepat Tim Passus Denjaka, Taifib beserta Dankormar menggunakan kendaraan serang ringan (_Light strike vehicle_) dari titik start _Marines Shooting Club_ (MSC) menuju kesasaran.

Foto: Dok Dispen Kormar

Serangan kilat tersebut berlanjut dengan infiltrasi melalui rawa menggunakan _sea reader_ dan melaksanakan penembakan di rawa, selanjutnya menuju sasaran utama yaitu gedung Sarana Latihan Khusus (SLK). Setelah penembakan sniper kepada sasaran musuh serta sinyal tanda aman, Tim Passus masuk ke gedung SLK dengan tanda ledakan dilanjutkan Dankormar menyelesaikan sasaran plate dengan tembakan pistol kemudian serangan gedung dengan teknik CQB (_Close Quarter Battle_) dan terakhir penghancuran sasaran serta konsolidasi. Dengan kekuatan yang sudah diperhitungkan dan kemampuan tempur anti terror yang handal, musuh berhasil dilumpuhkan oleh Dankormar dan Tim Passus.

Acara berlanjut pelaksanaan Upacara Penyematan Brevet Tri Media Intai Amfibi Marinir dan Brevet Anti Teror Aspek Laut Detasemen Jalamangkara TNI AL yang disematkan langsung oleh Komandan Detasemen Jalamangkara dan Danyontaifib 1 Marinir kepada Komandan Korps Marinir. “Pada hari ini adalah suatu hari bersejarah bagi saya pribadi dan umumnya bagi Korps Marinir, dengan disematkannya Brevet Anti Teror Aspek Laut, kapanpun dan dimanapun juga saya akan menempatkan diri dengan menggunakan brevet ini sebagaimana harapan kalian yaitu suatu kehormatan, kebanggaan, dedikasi dan kepercayaan bagi saya,” tegas Dankormar dalam sambutannya.

Turut hadir Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, Ir. Kormar Brigjen TNI (Mar) Tri Subandiyana, S.H., Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han., Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir M.Tr.Opsla., Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S. Sos., para Pejabat Utama Mako Kormar dan Para Jajaran Dankolak Kormar.

MB101 – Dispen Kormar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *