by

Kodam XVIII/Kasuari Gelar Sosialisasi Harmonisasi Perpajakan dalam rangka Pembinaan Keuangan Bagi Personel Pembuat Wabku Satjar Kodam XVIII/Kasuari TA. 2023

-TNI Polri-868 views

Bhayangkara101, Manokwari.- Keuangan Kodam (Kudam) XVIII/Kasuari kolaborasi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manokwari dan Bank BNI Cabang Manokwari menggelar sosialisasi harmonisasi perpajakan dan pelatihan Pembinaan Keuangan (Binku) bagi personel pembuat pertanggungjawaban keuangan (Wabku) TA. 2023 jajaran Kodam XVIII/Kasuari, di Aula Makudam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, pada Rabu (21/6/2023).

Kakudam XVIII/Kasuari, Letnan Kolonel Cku Asmudi, dalam sambutannya saat membuka acara ini, menyampaikan bahwa salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam sebuah organisasi seperti Kodam XVIII/Kasuari dapat berjalan dengan baik dan efektif adalah pengelolaan administrasi keuangan yang baik untuk dapat mendukung tugas pokok pertanggungjawaban Kodam XVIII/Kasuari.

“Tanpa pengelolaan administrasi keuangan yang baik, maka proses kegiatan keuangan Kodam pasti akan terhambat karena dana dan anggaran yang sudah tersedia dan diprogramkan tidak terdistribusi atau tersalurkan tepat waktu, termasuk tidak terselenggara dengan tertib, pelaporan pertanggungjawaban keuangan, tentunya akan berpotensi menjadi temuan Wasrik karena administrasi yang dibuat salah dan tidak sesuai dengan standar pertanggungjawaban keuangan yang telah ditetapkan Kementerian Keuangan dan TNI AD,” ucapnya.

Disamping itu, untuk menghindari atau meminimalisir kesalahan dalam pembuatan pertanggungjawaban keuangan di Kodam XVIII/Kasuari, Kudam menginisiasi dan ikut proaktif meningkatkan kemampuan professional pembuat Wabku dan para juru bayar satuan untuk memberikan pelatihan secara singkat tentang Wabku yang benar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kedepan kita berharap tidak ada lagi kesalahan yang berulang terhadap administrasi keuangan khususnya di Kodam XVIII/Kasuari sehingga capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kita sudah peroleh dapat dipertahankan”.

“Dengan waktu yang singkat ini para peserta agar benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan serius, catat hal-hal yang menjadi kendala, lakukan diskusi dan saling bertukar informasi terhadap permasalahan yang terjadi di satuan dan cari solusi yang terbaik. Saya juga berharap, pelatihan ini hendaknya dapat memberikan nilai tambah dan manfaat positif dalam memperbaiki kinerja mulai dari perencanaan sampai dengan tahap pengakhiran,” harapnya.

Dalam penekanannnya, ia meminta agar menjadikan kegiatan ini sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam menyusun dan membuat laporan Wabku yang benar.

“Tingkatkan kemampuan masing-masing personel sehingga mampu menjadi pejabat Wabku yang handal dan pedomani dan pegang teguh aturan untuk menghindari kesalahan dalam membuat Wabku sesuai dengan juknis yaitu Kep Kasad Nomor Kep 480/V/2020 tanggal 28 Mei 2020,” kata Kakudam.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan dengan menerima materi yang disampaikan oleh Lettu Cku Dana Prayudha Ardy, S.E., dan Lettu Cku Restu Dwiki Herlambang, S.E. (Kudam XVIII/Kasuari), Nugraha dan Merita (Bank BNI Cabang Manokwari), serta Suripto, Ahmadi, Dian, dan Laura (KPP Pratama Manokwari).

MB101 – Pendam XVIII/Ksr

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *