by

Korps Marinir Gelar Sertifikasi Selam

-TNI Polri-118 views

Bhayangkara101, Jakarta.- Korps Marinir TNI AL bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) menggelar Sertifikasi Selam A1 (One Star) POSSI – CMAS. Pembukaan Sertifikasi dibuka langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto di Graha Marinir Markas Komando Korps Marinir, Senin (19/09/22).

Sertifikasi ini berlangsung selama seminggu diikuti oleh para Pejabat Utama Korps Marinir. Kegiatan terdiri dari Materi Kelas di Graha Marinir Mako Kormar, Materi Latihan Keterampilan Kolam di Kolam Renang Usman Harun di Ksatrian Marinir Cilandak Jakarta Selatan dan Latihan Perairan Terbuka di Perairan Pulau Tegas Mas Resort Lampung.

Dalam amanatnya Dankormar menyampaikan ,”Kegiatan ini bertujuan untuk me-frefresh kembali materi dan latihan selam yang sebelumnya pernah diterima para peserta, namun secara resmi belum tersertifikasi oleh badan olahraga selam yang telah diakui. Dengan dilaksanakannya kursus selam ini , para peserta diharapkan mengerti secara detail tentang teknik penyelaman yang benar serta prosedur mengatasi kondisi darurat dan keselamatan dalam melaksanakan penyelaman secara mandiri.”

Foto: Dok Dispen Kormar

POSSI sebagai induk organisasi selam tanah air merupakan wadan pembinaan olah raga selam baik prestasi, rekreasi maupun profesi. Disamping itu, POSSI juga telah diterima sebagai anggota Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Pusat serta rederasi Olah Raga Selam Dunia yaitu *Confederation Mondiale Des Activities Subaquatiques (CMAS).

Berdirinya POSSI berawal dari inisiatif TNI AL dengan mendirikan Instalasi Pusat Penyelaman dan Sekolah Penyelaman. Sebagai konsekuensinya. Prajurit matra laut harus mampu menguasai serta memiliki kecakapan khusus dalam penyelaman.

Hadir dalam tersebut Ketua Dewan Instruktur PB POSSI Ir Jimmy Gozali, Sekretaris Dewan Instruktur PB POSSI Drs Surya, Komisi Aset Logistik dan Inventaris PB POSSi Letda Mar Boflen Sirait, Komisi SAR PB POSSI Lettu Mar Yayat Ruhyat . Kegiatan tersebut melibatkan 12 instruktur yang berasal dari PB POSSI sebanyak 3 personel dan Pelatih Selam Korps Marinir sebanyak 9 personel.

D101 – Dispen Korps Marinir

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed