by

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Danrem 044/Gapo Pimpin Tanam Jagung Serentak di 8 Kodim Jajaran

Bhayangkara101,JAKARTA. – Dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan ketahanan pangan, Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr(Han), didampingi Forkopimda OKU serta masyarakat melakukan penanaman jagung di Desa Lubuk Baru Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten OKU, Sumsel. Selasa, (12/7/2022).

Penanaman jagung ini dilaksanakan serentak di delapan Kodim Jajaran Korem 044/Gapo, antara lain Kodim 0401/ Muba, Kodim0402/OKI, Kodim 0403/OKU, Kodim 0404/ME, Kodim 0405/Lahat, Kodim 0406/ LLG, Kodim 0430/BA dan Kodim 0418/Plg.

Danrem 044/Gapo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dalam mendukung ketahanan pangan ini, pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat akan membuka lahan ketahanan pangan seluas 776 Hektar dengan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif.

“Total keseluruhan 776 Hektar dan tersebar di wilayah delapan Kodim Jajaran Korem 044 Gapo. Sedangkan penanaman jagung dilakukan di atas lahan ini seluas 30 Hektar dan masih belum terbuka seluruhnya serta akan berlanjut di lokasi ini sampai dengan 100 Hektar,” ucapnya.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa ketahanan pangan merupakan salah satu program bidang teritorial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di bidang pertanian, serta implementasi dari Tujuh Perintah Harian Kasad bahwa TNI AD harus hadir di tengah kesulitan masyarakat dan menjadi solusi serta melakukan tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Program ketahanan pangan digalakkan oleh TNI AD dalam mengelola lahan kosong untuk dijadikan lahan produktif, sehingga bisa menghasilkan tanaman pangan untuk kesejahteraan masyarakat. Ini merupakan wujud terobosan Korem 044 Gapo untuk memberikan pelayanan masyarakat guna meningkatkan ketahan pangan,” jelasnya.

Danrem juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forkopimda juga masyarakat seluruh Jajaran Kodim dibawah Korem 044/Gapo yang sudah memberi andil dalam menyukseskan program ketahanan pangan yang digalakkan oleh TNI AD.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU, Ir. Supriyono menambahkan, sejauh ini Kabupaten OKU memiliki potensi sumber pangan karbohidrat yang cukup besar, namun dalam pengelolaannya dinilai belum optimal.

“Untuk itu kami bersama TNI AD khususnya Korem 044 Gapo akan bergerak secara maksimal untuk memanfaatkan lahan kosong melalui program ketahanan pangan yang digalakkan oleh Korem Gapo ini,” tutup Supriyono.

Dispenad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed