by

TIM Pokja Dalam Penyusunan TOR, RAB, RPD serta RKA oleh Staf Perencanaan Kodim 0505/JT

Bhayangkara101,Jakarta timur. – Kodim 0505/JT menggelar rapat kerja Staf perencanaan tentang penyusunan Rencana Kerja Anggaran TA. 2023, bertempat di Ruang Data Makodim, Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Staf Perencanaan Mayor Inf Ahmad Yuono, Selasa, (28/06/2022).

Pada rapat yang dihadiri oleh seluruh perwakilan anggota Staf-1/Intel sampai dengan Staf Ren dan keuangan Kodim 0505/JT, Pasiren mengatakan, rapat penyusunan RKA ini sangat penting guna mendapatkan data awal penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kodim 0505/JT TA. 2023 yang disusun melalui mekanisme penyusunan TOR (Kerangka acuan kerja), RAB, RPD.

“Dengan digelarnya rapat kerja ini, diharapkan dapat menghasilkan usulan Rencana Kerja dan Anggaran yang akurat sehingga dapat mengakomodir kebutuhan dan menghindari adanya pengajuan susulan, meminimalisir perubahan sasaran dan revisi anggaran serta dapat mewujudkan perencanaan yang akuntabel dan transparan serta terjadi kesamaan antara rencana kebutuhan Satker per Staf dengan rencana kebutuhan anggaran Kodim 0505/JT.

Di samping itu tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah sebagai gambaran bagi para pengguna anggaran dalam rangka membuat kerangka acuan kerja berupa rencana kegiatan Triwulan, Semester dan tahunan serta laporan pertanggung jawaban keuangan, agar anggaran yang sudah di alokasikan dapat diserap sesuai beban kerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi sehingga penggunaannya dapat dipertanggung jawabkan kepada Negara, sebut Pasiren.

TOR berguna untuk menjamin efisiensi, efektifitas, kelancaran dan keseragaman tata urut dan materi kegiatan.

Sementara itu, TOR juga sebagai alat bagi pimpinan untuk melakukan pengendalian kegiatan yang dilakukan oleh bawahannya, dan juga alat bagi para perencana anggaran untuk menilai urgensi pelaksanaan kegiatan keterkaitan dengan Tugas Pokok dan Fungsi, Kodim sebagai Satker.

Untuk melengkapi Term of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kegiatan  membutuhkan Rincian Anggaran Biaya (RAB)  karena berisi rincian komponen-komponen masukan (input) dari sebuah kegiatan serta besaran biaya dari masingmasing komponen. RAB merupakan penjabaran lebih lanjut dari unsur perkiraan biaya dalam TOR. Kemudian data pendukung lainnya yang mendukung TOR dan RAB, dapat berupa keterangan mengenai spesifikasi barang berikut harganya, analisis biaya satuan, yang dapat dipertanggungjawabkan.

RAB sendiri berfungsi sebagai alat untuk memberikan informasi rincian perkiraan komponen biaya yang dibutuhkan dalam TOR dan alat bantu untuk mengidentifikasi komponen biaya utama dan pendukung suatu output dalam TOR serta alat untuk menghitung total biaya yang diperlukan atas suatu output dalam TOR.

Diakhir rapat, Pasiren Mayor Inf Ahmad Yuono berharap kepada seluruh anggota staf dan keuangan agar pelaksanaan penyusunan rencana kerja dan anggaran Kodim 0505/JT TA. 2023 ini dapat mencapai hasil yang maksimal, dengan harapan pelaksanaan dan laporan anggaran di satuan Kodim 0505/JT semakin baik kedepannya.

“Dalam menghadapi tugas pokok Apkowil ke depan yang semakin komplek, rapat kerja staf/Anggaran sangat penting dilakukan baik sebagai evaluasi perbaikan data RAB guna mendukung pelaksanaan tugas Apkowil yang baik kedepannya.

MB101 – Kodim 0505/JT

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed