by

Pemahaman Idiologi Bangsa Dalam Membangun Karakter Pancasila oleh Kasdim 0505/JT

Bhayangkara101,Jakarta timur. – Dalam rangka peningkatan pemahaman Idiologi Bangsa dalam rangka membangun karakter anak bangsa Berjiwa Pancasila yang diselenggarakan Kesbangpol Walikota Administrasi Jakarta Timur, bertempat di sekretariat RW.13 Kelurahan Pulogebang Kecamatan Cakung, Kamis (23/06/22).

Dalam kegiatan tersebut Kakesbangpol Achmad Jani Rivai Yusuf,SH,.M.Si, memberikan sambutan pembukaan kegiatan Kepada para undangan yang Ikut dalam kegiatan ini diharapkan para peserta lebih dapat meningkatkan pemahamannya terhadap idiologi Bangsa dan menjadi benteng Pancasila terdepan dilingkungan masyarakat.

Narasumber pada Kegiatan pemberian materi.

– Aktualisasi Bela Negara dalam menjawab tantangan Global. ( Kasdim 0505/Jakarta Timur )

– Mewujudkan Ketahanan Idiologi sebagai basis terciptanya ketahanan Nasional. (Drs. Hamid mas’ud)

– Peran keluarga dalam membumikan nilai-nilai Pancasila sebagai upaya pencegahan radikalisme dan terorisme. ( Dr. Nieke masruchiyah).

Penyampaian Kasdim 0505/Jakarta timur Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom.,M.Tr (Han) Ideologi negara sebagai perangkat gagasan atau konsep berpikir negara adalah sebagai tatanan nilai yang diharapkan dapat diaktualisasi dengan baik oleh negara yang direpresentasikan pemerintah dan juga oleh warga negara. Ideologi tersebut pada dasarnya merupakan nilai-nilai yang disepakati bersama untuk dijadikan pedoman dalam bersikap dan berperilaku sebagai

identitas negara serta seluruh warga negara. Ideologi sangat menentukan eksistensi suatu negara yang dijadikan pedoman tersebut berisikan nilai-nilai yang baik memiliki peradaban yang membanggakan sekaligus membawa kekehidupan ideal yang dicita-citakan dalam berbagai dimensi kehidupan meliputi bermasyarakat,

berbangsa dan bernegara. Ideologi memainkan peran sentral dan dibentuk sebagai kerangka kerja mental yang mendominasi pemikiran sosial suatu masyarakat.

Globalisasi sebagai sebuah realitas tidak dapat dihindari. Globalisasi membentuk hubungan lintas negara dan lalu lintas tersebut memperlihatkan adanya ketergantungan satu dengan yang lain serta untuk saling membutuhkan dan melengkapi.

Pada satu sisi, perkembangan telah memberi dampak positif dan negara dapat merasakan manfaatnya. Dengan perkembangan system teknologi, informasi, komunikasi, dan transportasi, negara diberikan kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pelaksanaan pembangunan.

Berbagai hal yang menjadi prioritas pemerintah baik pusat maupun daerah dapat dicermati masyarakat. seperti contoh Melalui media dengan mudah dapat dilihat serta diketahui hal-hal yang menjadi program pemerintah, baik dalam jangka panjang, jangka menengah, maupun

jangka pendek, sehingga kedepan seluruh warga masyarakat dapat berlomba untuk kemajuan daerahnya masing-masing.

Hadir pada kegiatan sosialisasi diantaranya Camat Cakung Bpk Fajar Eko S.STP.MA. Darma wanita, Tp PKK Kota administrasi Jakarta Timur, Tp PKK Kecamatan Cakung, FKDM, FPK, UMK Kelurahan Pulogebang, TPKK RW.013, Pengurus RT di lingkungan RW.13, LMK dan Karang taruna.

MB101 – Kodim 0505/JT

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *