by

Kodim 0505/JT Gelar Program KB-Kesehatan, Wujudkan Keluarga Sehat Dan Sejahtera Bebas Stunting Untuk Indonesia Kuat

Bhayangkara101,Jakarta timur. – Sebagai bentuk partisipasi TNI AD dalam memberdayakan wilayah pertahanan pada pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas serta mensukseskan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana, Kodim 0505/Jakarta timur, gelar kegiatan program Keluarga Berencana (KB) Kesehatan dan sejahtera bebas Stunting bertempat di aula Makodim, Jumat (17/06/2022).

Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono,S.Kom., M.Tr (Han) pada kesempatan itu menyampaikan kegiatan ini adalah salah satu wujud kepedulian dan peran serta satuan jajaran TNI dalam mensukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana (KB) dan Sejahtera bebas Stunting.

Pengertian Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Salah satu pencegahan stunting dengan perbaikan gizi. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi untuk kemajuan.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk partisipasi TNI AD khusunya Kodim 0505/JT dalam menyebarluaskan informasi akan pentingnya peran serta masyarakat pada kegiatan Program KB Kesehatan, yang diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk,” Ucap Kasdim.

“Tujuan Kegiatan ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan kesehatan masyarakat serta membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan KB Kesehatan dan bebas Stunting di lingkungan masyarakat khususnya di wilayah binaan teritorial Kodim 0505/JT.

Penyampaian Narasumber dr. Lettu Ckm Immanuel Simatupang sbb, terkait masalah keluarga sehat dan bebas Stunting terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih”,

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom., M.Tr (Han), Narasumber dr. Lettu Ckm Immanuel, Plt. Kasudin PPATP Jakarta timur Drs. Hendry Notrizal,MM, Perwakilan Kasatpel, Pemberdayaan perlindungan anak dan pengendalian penduduk (PPAPP), Perwakilan Persit KCK Cabang XIX Kodim 0505/JT, Ikatan Bidan Indonesia, Sudin kesehatan, Kesra Pokja IV PKK Kota Administrasi Jakarta timur, Kasi PPKB (Pengendalian penduduk dan keluarga berencana), kasi Penggerakan dan ketahanan keluarga.

MB101 – Kodim 0505/JT

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed