by

Dankormar Hadiri Pembentukan Koarmada RI

Bhayangkara101, Jakarta.- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono,
menghadiri peresmian pembentukan Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) di Dermaga Koarmada I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Kamis(03/02/2022).

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin langsung upacara peresmian Koarmada RI sekaligus mengukuhkan Laksamana Madya(Laksdya) TNI Dr. Agung Prasetiawan, M. A. P., sebagai Panglima Koarmada RI yang pertama.

Dalam amanatnya Kasal mengatakan, Koarmada RI merupakan Komando Utama Operasional yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI dan Komando Utama Pembinaan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada KASAL yang dibentuk berdasarkan peraturan Presiden no 66 tahun 2019 dan Peraturan Panglima TNI no 23 tahun 2021 serta peraturan Kasal no 3 tahun 2022.

Pangkoarmada RI dibantu kepala staf yang mengkoordinasikan tugas-tugas unsur pembantu pimpinan yang terdiri atas inspektur, kapok sahli, para asisten, unsur pelayanan, dan unsur badan pelaksana. Sedangkan unsur pelaksana operasi dan pembinaan, Pangkoarmada RI membawahi Pangkoarmada |, Pangkoarmada II, Pangkoarmada III, Dankoopskasel, Dankoppeba, Dankolat, Dansatud, Dansatmar, dan Dandenintel.

Sebagai kotama operasional dan pembinaan yang wilayah kerjanya terbentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga Pulau Rote, Koarmada RI memiliki 3 Koarmada yang bertanggung jawab membina dan mengoperasionalkan sistem senjata armada terpadu (SSAT) yang terdiri atas kapal perang (KRI), pesawat udara, Marinir, dan pangkalan.

MB101 – Dispen Kormar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed