by

Dandim 0726/Sukoharjo Buka Diklatsus Wawasan Kebangsaan Yayasan Gerbang Paramuda Nusantara Di Weru

Bhayangkara101,Sukoharjo. – Di lapangan Yayasan Gerbang Paramuda Nusantara Dk. Karangwuni Ds. Karangwuni Kec. Weru Kab. Sukoharjo telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan dan Latihan Khusus Wawasan Kebangsaan Yayasan Gerbang Paramuda Nusantara Tahun 2021 oleh Dandim 0726/Skh Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.IP., M.I.Pol, Sabtu (18/12).

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panitia Pandri Prabowo mengatakan kegiatan ini dilaksanakan tanggal 18 dan 19 Desember 2021, “ Maksud diadakannya kegiatan ini adalah Sebagai upaya menanamkan dan meningkatkan cara pandang bangsa Indonesia, baik dari sisi pemahaman, rasa, ataupun semangat tentang diri dan lingkungannya agar mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Jelas Pandri.

Sedangkan tujuannya “ memberikan pendidikan wawasan kebangsaan sebagaimana termaktub dalam Permendagri No. 71 tahun 2012 adalah mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan guna pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia” Tuturnya.

“Untuk materi yang diberikan dalam kegiatan ini jelas Pandri antara lain, pendidikan wawasan kebangsaan dan kehidupan ber-Pancasila, melestarikan nilai-nilai kearifan local, sejarah, seni budaya dan tradisi, kerohanian, olah raga, SAR dasar, kedisiplinan, PBB (Peraturan Barais Berbaris) dan bhakti sosial” Pungkas Pandri.

Dalam sambutannya Dandim 0726/Skh Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.IP., M.I.Pol menyampaikan, ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Diklat Wasbang Generasi Muda Gerbang Paramuda Nusantara Tahun 2021, dalam kegiatan mengajak khusunya gerenrasi muda untuk mencintai tanah airnya.

“Sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai negara bangsa yang berdaulat, tidak lepas dari semangat Bela Negara dari seluruh kekuatan rakyat, mulai dari prajurit TNI, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri dan komponen masyarakat yang lain. Mereka telah berjuang, mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah airnya dari para penjajah. Sejarah juga menunjukkan kepada kita semua bahwa membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, akan tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara” Jelas Dandim.

“Tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa saat ini adalah panggilan bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara. Semua anak bangsa harus tergerak dan bergerak untuk bela negara sesuai dengan ladang pengabdiannya masing-masing” Lanjut Letkol Agus.

“Panggilan untuk bela negara bisa dilakukan oleh setiap warga negara seperti seorang guru, seorang bidan, tenaga kesehatan, petani, buruh, profesional, pegawai negeri sipil, pedagang, serta profesi lainnya. Bela Negara bisa dilakukan melalui pengabdian profesi di berbagai bidang kehidupan masing-masing kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan kewarganegaraan “ Pungkas Dandim.

Salah satu peserta Diklatsus Muhammad Yusuf mengatakan kegiatan ini merupak kegiatan yang sangat posistif “ Saya selaku generasi muda sangat berterima kasih kepada Kodim 0726/Sukoharjo yang telah memberikan materi Wawasan Kebangsaan, dengan adanya kegiatan ini saya tahu tentang bagaimana saya harus membela negara, mencintai tanah air, semoga kedepannya Kodim 0726/Sukoharjo dapat meberikan materi-materi lain kepada generasi muda agar gererasi mudah dapat membaktikan dirinya kepada nusa dan bangsa” Ucap Muhammaf Yusuf.

MB101

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed