by

Sebelas Tahun Terhenti, Kejuaraan Equestrian Piala Kasad Kembali Digelar

Bhayangkara101,Jakarta. – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman membuka Kejuaraan Equestrian Piala Kasad 2021 yang diikuti tujuh Pengprov Pordasi, setelah sebelas tahun terhenti. Kejuaraan Equestrian Piala Kasad ini kembali digelar di Detasemen Kavaleri Berkuda Pusat Kesenjataan Kavaleri (Denkavkud Pussenkav) Kodiklatad, Parompong, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/12/2021).

Dalam sambutannya, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama hampir dua tahun ini membuat berbagai kegiatan, event, maupun kompetisi olahraga menjadi terhenti. Namun pasca suksesnya gelaran PON XX Tahun 2021 di Papua beberapa waktu yang lalu, membuat berbagai kejuaraan olahraga bangkit kembali sebagai bentuk meningkatnya semangat olahraga di tanah air.

“Salah satunya adalah kejuaraan nasional equestrian atau olahraga berkuda yang diselenggarakan oleh TNI AD,” ujar Kasad.

Event ini merupakan kolaborasi dengan Pengurus Pusat Pordasi yang memperebutkan Piala bergilir eventing Kasad.

Lebih lanjut diungkapkan Kasad, Kejuaraan ini merupakan wahana bagi atlet berkuda untuk berinteraksi, berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang olahraga berkuda, serta kebangkitan kembali pembinaan olahraga berkuda yang diinisiasi oleh TNI AD.

“Selain itu, melalui event ini diharapkan akan muncul bibit-bibit baru serta para atlet berkuda yang berkualitas dan profesional, sehingga dapat mengharumkan nama bangsa di ajang nasional maupun internasional, ” ungkapnya.

Kasad berharap, melalui event ini juga, olahraga berkuda dapat semakin memasyarakat. Tidak hanya sebagai sarana regenerasi atlet berkuda, namun juga agar masyarakat umum ikut menikmati manfaat olahraga ini, yang tidak hanya menyehatkan secara fisik, namun juga secara mental. Karena dengan olahraga berkuda selain melatih kepercayaan diri, keseimbangan, manfaat lainnya yaitu untuk melatih emosi dan sarana terapi kesehatan mental.

Pada Kejuaraan Nasional Equestrian Piala Kasad 2021 kali ini, akan mempertandingkan tiga disiplin olahraga berkuda, yaitu dressage, show jumping, dan eventing dengan memperebutkan total sebanyak 75 medali.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Pordasi, Triwatty Marciano mengungkapkan apresiasi yang sangat besar kepada TNI Angkatan Darat atas terselenggaranya kembali Kejuaraan Equestrian Piala Kasad.

Acara Pembukaan Kejuaraan Equestrian Piala Kasad ini dihadiri oleh Dandkodiklatad, Aspers Kasad, Asrena Kasad, Danpussenkav, Danpussenarmed, Wadanpusenarhanud, Kadispenad serta pengurus Besar Pordasi.

MB101 -Dispenad

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed