by

Kasal Didampingi Dankormar Cek Rumah Sakit Lapangan Marinir TNI AL

-TNI Polri-179 views

Bhayangkara101, Surabaya.- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono melaksanakan pengecekan secara langsung Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Marinir TNI AL yang digelar di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang Surabaya. Sabtu (04/12/2021).

Kehadiran orang nomor satu di jajaran TNI AL tersebut disambut langsung oleh Komandan Korps Marinir dan Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP serta para Pejabat Utama Kormar dan Pasmar 2.

Rumah sakit lapangan adalah sebuah unit medis besar bergerak yang digunakan untuk sementara menangani korban sebelum kemudian korban dapat dipindahkan secara aman ke fasilitas rumah sakit permanen. Konsep ini diwariskan dari lokasi pertempuran, dan sesuai perkembangan situasi, rumah sakit lapangan banyak dimanfaatkan untuk operasi kemanusiaan, terutama didaerah bencana alam.

Berdasarkan keterangan dari Komandan Batalyon Kesehatan (Danyonkes) 2 Mar Letkol Laut (KH) dr Satrio Sugiharto M, Sp.PD., M.Tr.Opsla., Rumah Sakit Lapangan dengan kapasitas 100 pasien tersebut terdiri dari 100 tempat tidur, memiliki fasilitas antara lain ruang ICU, ruang laboratorium dan farmasi, ruang operasi, ruang preop, ruang posop, ruang radiologi, ruang loundry dan CSSD (Central Sterile Supply Departement).

Selain itu juga rumah sakit lapangan Marinir ini dilengkapi dengan delapan unit truk cubicle, empat tenda rawat inap, dua tenda tenaga kesehatan, satu unit incenerator, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), satu unit truk logistik, satu unit truk tangki air dan juga dilengkapi dengan dapur.

Dalam melaksanakan kunjungan tersebut Kasal didampingi para Pejabat TNI Angkatan Laut, dan turut hadir pada kesempatan tersebut, Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Purwanto Djoko Prasetyo, para Asisten Danpasmar 2 dan para Dankolak jajaran Pasmar 2.

MB101 – Dispen Kormar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed