by

Wadan Kormar Ikuti Uji Coba Rompi dan Helm Anti Peluru

-TNI Polri-236 views

Bhayangkara101, Jakarta Selatan.- Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP. menghadiri uji fungsi Rompi anti Peluru di Lapangan Tembak Jusman Puger Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (01/12/2021).

Rompi anti Peluru ini sendiri merupakan Rompi Serbu untuk perorangan produksi dalam Negri yang diproduksi oleh PT. Sinergi Indomitra Pratama. Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Kepala Dinas Perbekalan Angkatan Laut (Kadislitbangal) Laksma TNI Eko Purwanto, S.E., M.A.P., C.Fr.A. yang diwakili oleh Kolonel Laut (T) Mulyatna.

Dalam sambutannya Kolonel Laut (T) Mulyatna mengatakan uji coba ini sangat diperlukan karena dalam kegiatan uji coba kita mampu mengukur kekuatan rompi dan helm anti peluru ini yang akan digunakan prajurit Koprs Marinir TNI AL dalam melaksanakan operasi tempur yang sangat dibutuhkan dengan spesifikasi alat kelengkapan yang sesuai kretria.

“Uji Litbang diperlukan sebagai sarana untuk menilai secara objektif kualitas produk yang ditawarkan dari aspek kontruksi dan kelengkapan, aspek kemampuan maupun aspek insani dengan harapan akan diperoleh informasi secara lengkap dan jelas”. ujar Kolonel Laut (T) Mulyatna.

Rompi Dan Helm yang diuji coba adalah jenis Rompi anti peluru level IV, Helm anti peluru level III A model Mich dan Helm Fast harus memiliki dalam empat aspek yang dibutuhkan oleh pengguna dalam medan operasi yaitu aspek kontruksi, perlengkapan, kemampuan dan aspek insani.

Pada uji coba tersebut, Rompi dan Helm diuji tingkat kenyamanan pada saat di pakai baik itu buat lari, buat menembak posisi duduk, tiarap dan berdiri kemudian dilanjutkan uji keamanan yakni Rompi di tembak dengan senjata Sniper dengan kaliber 7,62 dengan jarak tembak 25 meter dan dilanjutkan di tembak dengan senjata kaliber 5,56 dengan jarak tembakan 15 meter.

Dalam kegiatan uji cob aini TNI AL berharap bahwa produk Helm dan Rompi anti peluru yang ditawarkan dari segi kualitas harus baik mengingat produk-produk sejenis sangan kompetitif di pasaran.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ir Kormar Brigjen TNI (Mar) Lasmono, Asintel Dankormar, Aslog Dankormar, beserta pejabat Pasmar-1 dan Tim dari uji fungsi.

MB101 – Dispen Kormar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed