by

Kodim 0505/JT Gelar Komsos Bersama Ormas dan Tokoh Masyarakat Cegah Tangkal Radikalisme

Bhayangkara101, Jakarta Timur. -Kodim 0505/Jakarta Timur Gelar Kegiatan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme TW-IV Tahun 2021, Dengan tema” Meneguhkan toleransi mencegah radikalisme/separatisme” dalam Bingkai NKRI”, Bertempat di Aula Makodim 0505/Jakarta Timur, Jumat (12/11/21).

Dandim 0505/JT diwakili Pgs Pasiter Mayor Kav Luki Dibyanto membuka kegiatan tersebut di hadiri Perwira Staf dan para Danramil jajaran Kodim 0505/JT, FKPPI dan Tokoh Agama.

Dalam sambutannya Pasiter menyampaikan, Perkembangan situasi nasional, internasional dan globalisasi telah membawa dampak meningkatnya paham radikal di indonesia yang memiliki latar belakang suku, agama, ras serta budaya yang berbeda dan pesatnya perkembangan teknologi digital memungkinkan tumbuh berkembangnya paham radikalisme/separatisme yang nyata di wilayah NKRI.

”Radikal yang berkembang saat ini berupa radikal kanan (Raka), radikal kiri (Raki) dan radikal lainnya (Rala) yang di implementasikan dalam dalam bentuk radikal gagasan, saparatis, premanisme, teroris, hal tersebut telah di antisipasi oleh TNI – POLRI dalam hal ini Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) Kodim dijajaran TNI AD”.

Kegiatan komunikasi sosial cegah tangkal radikalisme/separatisme yang dilaksanakan ini ke para peserta yang hadir diberikan beberapa materi yang disampaikan, yaitu Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Pembinaan Wawasan beragama dalam Kehidupan sehari-hari.

Wawasan beragama dalam Kehidupan sehari – hari yang disampaikan oleh penceramah Drs.KH. Wahyudin Anwar, MA.

Komunikasi sosial dilaksanakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa, dalam rangka saling terwujudnya saling pengertian, hormat menghormati sesama pemeluk agama dan pemahaman tentang peran, fungsi masing – masing dengan kegiatan komsos ini diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa dalam ikut mengantisipasi dan mencegah terhadap munculnya paham radikalisme/saparatisme dalam perkembangan sosial yang pesat, sehingga kita dapat mencegah dini dan deteksi dini untuk dapat menghindari munculnya berbagai permasalahan yang akan terjadi dilingkungan masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan Komsos ini diharapkan terwujudnya kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya Radikalisme/Saparatisme bagi segenap komponen bangsa dan masyarakat yang berada diwilayah Binaan Teritorial Kodim 0505/Jakarta timur, dengan Terbentuknya komponen bangsa yang memiliki kepribadian tangguh sebagai generasi muda kreatif serta mempunyai rasa tanggung jawab guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegaknya keutuhan Negara kesatuan republik Indonesia.

MB101 -Kodim 0505/Jakarta timur

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *