by

Denhub Divif -1 Kostrad Uji Coba Alat ECS dan Vsat Manpack di Lat Ancab Kartika Yudha TA 2021

-TNI Polri-975 views

Bhayangkara101, Jakarta.- Untuk mendukung kecepatan komunikasi di lapangan, Detasemen Perhubungan (Denhub) Divif-1 Kostrad mengoperasikan teknologi komunikasi terbarunya pada Latihan Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yudha TA 2021 di Puslatpur TNI AD, Baturaja, Sumatera Selatan, Sabtu (6/11/2021).

Teknologi terbaru yang dimiliki Denhub Divif-1 Kostrad yaitu ECS (Emergency Communication Support) dan Vsat Manpack berfungsi untuk mendukung sarana komunikasi dihadapkan dengan medan latihan dengan area komunikasi yang lumpuh.

ECS (Emergency Communication Support) alat yang mampu mengcover area radius 3 km dengan ring 90 derajat dengan menggunakan alat modem data. ECS merupakan alat komunikasi hasil Litbang Pushubad dengan PT. Hariff sebagai batas Mobile untuk sarana komunikasi GSM. Untuk komunikasi data bersifat mandiri dan menggunkan 5 unit HT yang merupakan prototipe.

Vsat Manpack yaitu perangkat satelit dengan berbasis satelit (VoIP dan Vicon) sehingga jangkauan tidak terbatas yang dapat dibawa dan mudah di instalasi sehingga dapat menjangkau daerah terluar dan dilengkapi auto track system sehingga dapat mendeteksi satelit secara otomatis. Dalam kegiatan Lat Ancab Kartika Yudha 2021. Vsat Manpack merupakan sarana komunikasi yang digunakan untuk komunikasi jaringan berupa VoIP dan Vicon antara Dan BTP dan Pangkogasratgab.

“Dengan perangkat ini, kami dapat menggelar kebutuhan komunikasi kapan saja untuk mendukung kegiatan-kegiatan atau operasi sementara secara taktis di wilayah yang tidak terjangkau telekomunikasi publik,” jelas Mayor Chb Vance Dedy Siregar, Dandenhub Divif-1 Kostrad.

MB101 – Dispenad

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *