Home Negara Keutuhan NKRI tak Lepas dari Peran Pancasila

Keutuhan NKRI tak Lepas dari Peran Pancasila

SHARE
article top ad

JAKARTA, MB – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadikan peringatan kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia sebagai momen persatuan bangsa. Hal itu disampaikan Presiden sebelum upacara peringatan HUT RI ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

“Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah segala-galanya. Jangan sampai dikorbankan yang namanya keutuhan NKRI karena pilihan bupati, pilihan gubernur, pilihan presiden,” ujar Jokowi.

article inline ad

Presiden berharap seluruh elemen bangsa bersatu kembali. “Keutuhan NKRI harus ditempatkan di tempat yang paling penting,” ujarnya.

Pancasila

Sehari sebelumnya, di dalam Sidang Tahunan MPR, Jumat (17/8), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur karena Indonesia tetap kokoh 74 tahun sejak kemerdekaan. Kekokohan itu tak lepas dari peran Pancasila.

“Kita patut bersyukur, di tengah berbagai tantangan dan terpaan badai sejarah, Indonesia sebagai rumah besar kita bersama tetap berdiri kokoh. Indonesia berdiri kokoh karena kita memiliki fondasi yang sangat kuat, Pancasila,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bangsa Indonesia bisa hidup rukun tanpa dibeda-bedakan latar belakang agama, suku, ras, maupun golongan di rumah Pancasila. Dia menekankan bahwa rumah besar Indonesia tempat yang nyaman untuk seluruh anak bangsa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

“Dalam rumah besar ini, semua anak bangsa bisa berkarya, bisa bergerak, dan bisa berjuang untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kita bersama,” ungkapnya.

Dia menegaskan bahwa perbedaan bukanlah penghalang bangsa Indonesia untuk bersatu. Dengan persatuan, rakyat Indonesia bisa sama-sama maju.

“Dalam persatuan itulah, kita menemukan energi yang mahadahsyat, untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan tetesan keringat untuk kemajuan Indonesia. Dalam persatuan itulah, kita menemukan solidaritas, kepedulian, dan semangat berbagi antarsesama anak bangsa,” ucap Jokowi.

article bottom ad