Home Peristiwa Waspada Kibarkan Bendera di Puncak Gunung pada 17 Agustus

Waspada Kibarkan Bendera di Puncak Gunung pada 17 Agustus

SHARE
article top ad

JAKARTA, MB – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat untuk menghindari gunung-gunung yang memiliki status waspada ataupun siaga saat melakukan pendakian pada 17 Agustus mendatang.   Hal ini disampaikan mengingat masyarakat Indonesia kerap merayakan hari kemerdekaan dengan menancapkan bendera merah putih di puncak gunung.

“Gunung-gunung dengan status waspada dan siaga sebaiknya dihindari,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Gede Suantika kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (10/8).

article inline ad

Dari data PVMBG, sampai saat ini tercatat ada 18 gunung api yang berstatus level II atau Waspada. Yakni Gunung Slamet, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Merapi, Gunung Bromo, Gunung Rinjani, Gunung Semeru, Gunung Anak Krakatau, Gunung Lokon, Gunung Kerinci.

Kemudian, Gunung Ili Lewotolok, Gunung Banda Api, Gunung Gamalama, Gunung Sangeangapi, Gunung Ibu, Gunung Rokatenda, Gunung Gamkonora, Gunung Marapi, serta Gunung Dukono.

Selain itu, dari data PVMBG juga tercatat ada empat gunung dengan Level III atau Siaga, yakni Gunung Agung, Gunung Sinabung, Gunung Karangetang, serta Gunung Soputan.

Gede menyampaikan imbauan larangan mendaki lantaran gunung dengan status waspada maupun siaga cukup berbahaya. Pasalnya, sewaktu-waktu gunung bisa meletus dan mengeluarkan material.

“Ya gunung-gunung itu bahaya, enggak aman, jadi harus enggak boleh ada pendakian,” ujarnya.

Selain ancaman gunung berapi, pendakian juga bisa terancam oleh kebakaran hutan, seperti yang terjadi di Gunung Ciremai pada pekan ini dan Gunung Arjuno pada akhir Juli.

article bottom ad