Home Nusantara Menikah Sedarah, Ayah Kandung Ingin Anaknya Ditenggelamkan di Laut

Menikah Sedarah, Ayah Kandung Ingin Anaknya Ditenggelamkan di Laut

SHARE
article top ad

BULUKUMBA, MB – Hati orang tua mana yang tak kecewa ketika kedua anaknya melakukan pernikahan sedarah?  Adalah Mustamin, ayah kandung dari dua insan berbeda jenis yang telah mencoreng wajah orang tua sekaligus menggegerkan Indonesia.

Berawal dari pernikahan antara sang kakak Ansar (32) dengan FI (20), adik bungsunya dari tujuh bersaudara asal Bulukmba, Sulawesi Selatan yang tak pernah direstui orangtua dan keluarga besarnya. Mustamin, ayah kandung Ansar dan FI mengaku sangat malu atas pernikahan sedarah yang dilakukan oleh kedua anaknya dan berharap agar mereka menjauh dari keluarga.

article inline ad

Dia juga ingin agar kedua buah hatinya dijatuhi hukuman setimpal karena telah melanggar ajaran agama. Bahkan dia berkata jika ada hukum adat, maka dia rela kedua anaknya menjalani hukum adat yang ada. “Saya tidak mau lagi melihat kedua anak itu. Jika hukum adat bisa dilakukan, kedua anak ini akan dilabu (ditenggelamkan di laut dengan cara dimasukkan ke karung),” ujar Mustamin menanggapi pernikaahan yang dilakukan oleh anak-anaknya.

Pria paruh baya ini menjelaskan, awalnya pernikahan antara Ansar Mustamin dengan adik bungsunya tidak diketahui oleh keluarga. Pernikahan tersebut baru terbongkar ketika keluarga mendapat kiriman foto dan video akad nikah yang berlangsung di Jl Tirtayasa, RT 58, Balikpapan Tengah, Gunung Sali Ilir, Balikpapan, Kalimantan Timur,  pada Minggu (23/6/2019).

Sebelum menikah, Ansar dan FI meminta izin merantau ke Balikpapan, pada awal Juni 2019. Ansar meninggalkan istri bernama Hervina (28) dan seorang anak. Baru beberapa hari merantau, Ansar dan FI melangsungkan pernikahan di Balikpapan. Sebelumnya diberitakan, Hervina melaporkan ke Polres Bulukumba karena suaminya, Ansar, telah melangsungkan pernikahan sedarah dengan adik bungsunya dari tujuh bersaudara di Kalimantan.

Sempat Dilamar

Diperoleh informasi sebelumnya dari Hervina, istri sah Ansor, FI, adik bungsu yang dinikahi oleh suaminya sempat dilamar oleh kerabatnya sendiri, tiga hari sebelum mereka pergi dari Bulukumba.

Saat itu, keluarga besar FI telah sepakat untuk menerima pinangan lelaki tersebut. Namun, Ansor bersikeras untuk menolak lelaki yang tak lain merupakan kerabatnya sendiri itu. Ansar beralasan FI masih sangat belia dan perlu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.  “Semua orang sudah sepakat saat dilamar, tapi dia tidak setuju. Katanya laki-laki itu tidak baik dan FI masih perlu menuntut ilmu,” kata Hervina, Selasa (2/27/2019).

Karena mendapat penolakan dari Ansar, pernikahan sang adik pun batal digelar. Ansar dan FI kemudian pamit untuk pergi merantau ke Balikpapan pada awal Juni 2019. Namun, mereka ternyata melangsungkan pernikahan sedarah tanpa diketahui oleh keluarganya di Bulukumba. Penikahan tersebut terbongkar setelah seorang sepupunya berinisial AT mengirim bukti foto dan video pernikahan yang dilakukan Ansar dan FI melalui pesan WhatsApp kekeluarga di Bulukumba.

AT mengaku sempat melarang dan menasehati sang sepupu. Ia bahkan menolak ketika diminta untuk menjadi wali nikah. Namun, Ansar tetap bersikukuh menikahi adiknya sendiri dengan membayar penghulu Rp 2,4 juta. Pernikahan tersebut terpaksa dilakukan karena FI disebut telah hamil 4 bulan dari hubungan terlarang dengan kakak kandungnya.

article bottom ad