Home Bhinneka BPIP-ADKASI Bersinergi Strategis Menggali Mutiara Pancasila

BPIP-ADKASI Bersinergi Strategis Menggali Mutiara Pancasila

SHARE
Plt. Kepala BPIP Prof. Hariyono dan Ketua Umum ADKASI Lukman Said menandatangani Nota Kesepahaman di Kantor BPIP di Jakarta, Kamis, 3 Januari 2019. Foto: Taufik Alwie
article top ad

Jakarta, MB – Badan Pembinaan Ideologi  Pancasila (BPIP) terus menggeliat dan bergiat dalam upaya  mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila ke penjuru Tanah Air. Kali ini, di awal 2019, lembaga pemerintah tersebut telah menyiapkan agenda kerja penting dengan jangkauan luas, yakni menjalin kerjasama dengan Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI).  Melalui kerjasama ini, diharapkan langkah mengaktualisasikan nilai-nilai  Pancasila di daerah akan lebih efektif dan efisien.

Plt. Kepala BPIP, Prof. Hariyono, menyatakan sangat mengapresiasi tawaran kerjasama dari ADKASI untuk menjadi mitra BPIP di tingkat kabupaten, mengingat  keberadaannya yang  tersebar di seluruh wilayah Indonesia serta fungsi legislatif yang melekat pada ADKASI. ADKASI merupakan organisasi sosial yang lahir dari statusnya sebagai anggota legislatif tingkat kabupaten.

article inline ad

“Peran ADKASI akan sangat strategis dalam mengawal dan mendukung lahirnya regulasi daerah yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, dan sebaliknya mendukung perubahan regulasi yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,” kata Hariyono saat acara penandatanganan Nota Kesepahaman kerjasama tersebut di Kantor BPIP, Jalan Veteran III No.2, Jakarta, Kamis, 3 Januari 2019.

 

Acara penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan Plt. Kepala BPIP Haryono dengan Ketua Umum ADKASI Lukman Said itu berlangsung secara sederhana, namun jelas-jelas menampakkan semangat dan optimisme, yang tercermin dari gestur dan nada bicara Hariyono maupun Lukman Said. Acara itu dihadiri  oleh anggota Dewan Pengarah BPIP, Deputi BPIP dan jajarannya, serta sejumlah pengurus ADKASI yang merupakan Ketua DPRD Tingkat Kabupaten di daerah masing-masing.

Menggali mutiara Pancasila

Hariyono menilai, kerja sama antara BPIP dengan ADKASI merupakan kerja sama strategis dalam mengaktualisasikan dan menggali mutiara nilai-nilai Pancasila di daerah. Keanggotaan ADKASI yang berbasis di daerah, praktis merupakan modal dukungan utama dalam menggali mutiara Pancasila yang bersumber dari kemajemukan serta luasnya wilayah Indonesia.

“Kepedulian ADKASI untuk turut membekali anggotanya dengan nilai-nilai Pancasila, juga sangat diapresiasi. BPIP akan bekerja sama dengan erat untuk mendukung ADKASI sebagai agen Pancasila,” kata Hariyono.

Ia menegaskan, dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila, BPIP yang merupakan metamorfosis dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila UKP-PIP),  tidaklah bersifat doktriner. Tetapi bersifat dialogis, membahas tentang bagaimana nilai-nilai kearifan lokal suatu daerah  bisa digali dan dikembangkan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).  Dengan demikian, kearifan lokal bukanlah sebuah tradisi yang terisolasi, tapi sebuah tradisi yang dikembangkan dan bisa dipertanggunjawabkan secara iptek sehingga bisa bersaing di kancah internasional.

Hal ini, kata Hariyono,  sejalan dengan cita-cita para pendiri bangsa yang menginginkan Pancasila dapat menjaga dan mendorong  bangsa dan negara ini menjadi berdaulat, merdeka, maju dan adil makmur.

“Nah, itu kan harus kita terjemahkan, apa mungkin kita bisa maju kalau tidak menguasai iptek,” katanya. “Anak-anak muda kita harus didorong untuk mencintai kebudayaannya tanpa menegasikan perkembangan iptek. Ini diperlukan  payung hukum dan tim pengawal. Nah, payung di daerah yang bisa mengawalnya adalah Bapak-bapak di DPRD,” imbuhnya, penuh semangat.

Lukman Said, juga dengan bersemangat, menyatakan siap menjadi garda terdepan di daerah dalam membantu BPIP mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di daerah. “Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila kepada seluruh anggota ADKASI yang tersebar di 417 kabupaten,” kata Lukman Said, yang juga Ketua DPRD Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

Tindak lanjut dari kerjasama ini, kata Lukman, salah satunya yang tak kalah penting adalah melibatkan BPIP dalam setiap peringatan hari jadi kabupaten di Indonesia, sehingga kegiatannya tidak sekadar seremonial ulang tahun, melainkan juga diisi dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila.

Terkait hal ini, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP, Prof. Dicky R. Munaf, menjelaskan bahwa untuk tahun 2019 ini, sebagai tahap awal, telah disiapkan agenda kerja dengan sasaran 100 DPRD Kabupaten di sejumlah provinsi. Selain terlibat dalam seremoni perayaan hari jadi provinsi dan kabupaten-kabupaten, BPIP akan menggelar semacam pelatihan yang bersifat dialogis kepada para anggota dewan di kabupaten.

“Ini dilakukan agar pejabat daerah dan anggota dewan dapat menggali mutiara Pancasila, sehingga bisa mengamalkan nilai-nilainya dengan baik,” ujar Dicky. Ia menjelaskan pula bahwa materi yang akan disampaikan dan di bahas berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, bergantung pada pontensi dan kondisi aktual daerah masing-masing.

Penulis: Taufik Alwie

 

 

 

 

 

 

 

 

article bottom ad