Home Eropa Real Madrid Bertemu Liverpol di Final Liga Champions

Real Madrid Bertemu Liverpol di Final Liga Champions

SHARE
article top ad

JAKARTA, MB – Liverpool dan Real Madrid sudah lima kali bertemu di turnamen level elite antarklub Eropa ini. Dengan empat di antaranya terjadi di era Liga Champions, dan satu laga lainnya di Piala Champions.

Keunggulan Liverpool diraih pada tiga pertemuan awal dengan Madrid. Liverpool kali pertama menghadapi Madrid di final Piala Champions musim 1980/1981.

article inline ad

Dalam pertandingan di Stadion Parc des Princes, Paris, itu Liverpool menang 1-0 atas Madrid melalui gol dari Alan Kenedy pada menit ke-82.

Kemenangan itu membawa Liverpool meraih trofi Liga Champions ketiganya. Sedangkan Madrid gagal meraih trofi keenam.

Pertemuan Liverpol vs Madrid berikutnya terjadi 28 tahun kemudian. Di Liga Champions musim 2008/2009 menjadi pertandingan kedua dan ketiga Liverpool melawan Madrid.

The Reds pun sukses menghentikan langkah Madrid di babak 16 besar Liga Champions 2008/2009 dengan kemenangan tandang dan kandang sekaligus.

Madrid dipermalukan Liverpool 0-1 di Santiago Bernabe. Di leg kedua di Stadion Anfield, Liverpool meraih kemenangan telak 4-0 atas Madrid.

Hanya saja rapor positif Liverpool atas Madrid terhenti di pertemuan berikutnya. Pada musim 2014/2015 giliran Los Blancos yang dua kali menang atas Liverpool.

Dua pertandingan itu terjadi di Grup B Liga Champions 2014/2015. Dalam pertemuan pertama musim tersebut di Anfield, Madrid menang 3-0. Performa apik Madrid itu pun berlanjut saat menjamu Liverpool di Stadion Santiago Bernabeu dengan kemenangan 1-0.

Pertandingan final di Kiev nanti juga bisa menjadi penentu apakah Madrid bisa menyamakan ‘skor’ menjadi 3-3 dengan Liverpool atau tidak. Atau sebaliknya, Liverpool yang melanjutkan dominasi mereka atas Madrid di kompetisi Eropa dengan keunggulan 4-2.(cnn)

article bottom ad