Home Adhiyaksa Menyebar Kebencian, Alfian Tanjung Divonis Dua Tahun

Menyebar Kebencian, Alfian Tanjung Divonis Dua Tahun

SHARE
Alfian Tanjung
article top ad

SURABAYA, MB – Terdakwa perkara ujaran kebencian Alfian Tanjung, akhirnya divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Surabaya (PN) dengan hukuman penjara 2 tahun. Alfian terbukti menyebarkan kebencian di youtube.

“Mengadili, menghukum terdakwa Alfian Tanjung dengan pidana penjara selama 2 tahun,” ujar Dedi Fardiman, ketua majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut di ruang Cakra, PN Surabaya, Rabu (13/12/2017).

article inline ad

Dalam amar putusan itu, terdakwa Alfian Tanjung dinyatakan terbukti melakukan ujaran kebencian yang dilakukan ketika mengisi ceramah di Masjid Mujahidin, Tanjung Perak, Surabaya. Perbuatan Ustadz Alfian Tanjung oleh majelis hakim, juga dianggap memenuhi unsur pidana, yang diatur dalam pasal 16 jo pasal 4 huruf b butir 2 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Ras dan Etnis.

Setelah membacakan vonis hukuman pidana penjara selama 2 tahun, hakim Dedi Fardiman menanyakan sikap terdakwa. Apakah akan menerima atau melakukan banding putusan hakim. Sebelum Alfian menjawabnya, hakim mempersilahkan terdakwa untuk berkonsultasi ke penasehat hukumnya.

“Saya banding,” jawab terdakwa Alfian Tanjung usai berkonsultasi dengan pengacaranya.

Hakim Dedi Fardiman juga menanyakan ke jaksa penuntut umum (JPU) atas putusan vonis tersebut.

“Kami pikir-pikir,” jawab JPU Rachmat Supriyadi.

Ceramah Ustadz Alfian Tanjung di Masjid Mujahidin, Tanjung Perak, Surabaya, tersebar melalui media sosial Youtube. Kemudian, pada 26 Februari 2017, Sujatmiko, warga Surabaya, melaporkan isi ceramah Ustadz Alfian di youtube itu, dinilai mengandung ujaran kebencian.

article bottom ad