Home Abinawa Novyanto Widadi, Ketua STPI Sang Penjelajah Angkasa

Novyanto Widadi, Ketua STPI Sang Penjelajah Angkasa

SHARE
Atraksi saat Wisuda Terpadu Perwira Transportasi di STPI Curug
article top ad

Ada yang menarik pada acara Wisuda Terpadu Perwira Transportasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia/BPSDM Perhubungan pada hari kamis tanggal 7 September 2017 di Bandara Budiarto, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug Banten.

Capten Novyanto Widadi Ketua STPI sedang mengarahkan para taruna penerbang

Pada acara hiburan yang diisi oleh para taruna dan taruni dari beberapa sekolah tinggi di bawah naungan Kementrian Perhubungan, hampir semua sekolah tinggi menampilkan kreasi seni dan budaya juga keahlian dalam memperagakan kekompakan dan ketangkasan bermain senjata. Di antaranya adalah penampilan Barongsai dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran/BP2IP Mauk.  Ada pula tari kolosal dan atraksi kolone senapan yang dipersembahkan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran/STIP Marunda Jakarta.

article inline ad

Sementara itu, tak kalah menariknya, Marching Band Gita Jata Wiratama Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi. Semuanya mengundang tepuk tangan dari 10.000 para hadirin.  Nampak spontanitas dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang nampak bergoyang dan berjoget dengan beberapa pejabat di lingkungan Kementrian Perhubungan mengikuti alunan dan dentaman musik dari lagu “Kereta Malam”.

Semua atraksi dilakukan para taruna yang masih mengenyam pendidikan.  Namun, ada penampilan yang istimewa karena dilakukan langsung oleh seorang ketua sekolah tinggi. Dialah, Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Capt. Novyanto Widadi.

Dengan menggunakan pesawat Super Decathlon berwarna putih-biru dengan registrasi PK-RTZ menampilkan tujuh buah manuver udara yang kesemuanya memukau para wisudawan dan tamu undangan yang hadir. Dengan ketinggian sekitar 500-1000 kaki, nampak pesawat yang dikemudikannya meliuk-liuk dan terbang di sekitar Bandara Budiarto dengan gagahnya.

Novyanto Widadi memang sudah mempersiapkan atraksi ini dengan berlatih sejak beberapa hari sebelum acara. Pria gagah yang lahir di Jakarta pada 23 November 1968 dengan latar belakang keluarga TNI Angkatan Darat ini sebelumnya adalah Komandan Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Sejak 3 November 2016 dilantik sebagai Ketua STPI Curug menggantikan Yudhi Sari Sitompul yang dipromosikan untuk posisi barunya sebagai Direktur Bandara Ditjen Perhubungan Udara.

Dalam kesehariannya, pria yang akrab disapa sebagai Pak Novy di lingkungan STPI,  memang sangat akrab dengan para taruna dan para staff karena suka melakukan sidak langsung. Kebiasaannya sidak memang ditujukan untuk memastikan semua sistem dan aturan berjalan dengan baik. Khususnya menjelang acara Wisuda Terpadu. Mungkin ada kaitannya dengan dunia penerbangan yang mengharuskan setiap hal harus dicermati agar tidak ada keselahan sekecilpun agar keselamatan penerbangan menjadi yang utama.

Di sela-sela kegiatan persiapan gladi upacara, dia menyempatkan untuk menjumpai taruna dan taruni STPI sebagai pengisi acara agar mempersiapkan segala hal secara sempurna.  Dia berharap dengan kebiasaaan yang baik, para taruna lulusan STPI bisa menjadi insan penerbangan yang profesional dan bisa bersaing di dunia internasional.

“Seorang perwira angkasa dituntut selalu sempurna dalam segala hal dengan sikap yang baik, profesional,  dan perhitungan yang cermat guna meminimalisasi kesalahan sehingga akan tercipta sebuah sistem penerbangan berstandar Internasional yang mengutamakan keselamatan dalam dunia penerbangan,” tandasnya.

Penulis: SENO AJI

article bottom ad