Home Adhiyaksa TNI Siap Pamerkan Kapal Selam Nagasaka di HUT TNI ke-72

TNI Siap Pamerkan Kapal Selam Nagasaka di HUT TNI ke-72

SHARE
article top ad

Jakarta, MB – Tentara Nasional Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-72 pada 5 Oktober mendatang. Perayaan HUT TNI tersebut akan dipusatkan di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan akan ada beberapa alutsista baru milik TNI yang dipamerkan. Salah satunya Kapal Selam KRI Nagapasa 403, kapal selam baru milik TNI AL yang dibuat Korea Selatan.

article inline ad

“Alutsista yang baru pasti ada, walaupun tidak signifikan, itu hanya contoh ya. Kalau udara enggak ada, kemudian ada kapal selam,” kata Gatot usai Upacara Pembukaan Piala Panglima TNI di Mabes TNI, Jumat 8 September 2017.

Pameran alutsista dalam peringatan HUT TNI menjadi bentuk pertanggungjawaban angkatan bersenjata itu kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Gatot berharap, dengan memamerkan alutsista, masyarakat Indonesia bisa semakin mengetahui perkembangan alutsista TNI.

“Bagaimana perkembangannya, kemudian bagaimana pasukannya, agar benar-benar mengetahui dan mencintai TNI,” ujar Gatot.

Alusista tersebut tak hanya dipamerkan, tetapi juga akan ada demonstrasi tentang fungsi dan keunggulan dari alutsista kepada masyarakat.

“Alutsista itu untuk apa sih, misal pesawat untuk apa, untuk pertahanan di udara, untuk dari udara nembak ke laut. Angkatan laut bagaimana sih, sama juga, untuk pertempuran laut, untuk menembak dari laut ke udara. Angkatan darat juga sama. Semua kemampuan itu sedapat mungkin bisa diperlhatkan,” tutur Gatot.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Wuryanto mengatakan, peringatan HUT TNI yang dilaksanakan setiap tanggal 5 Oktober itu sebagai pelestarian tradisi nilai juang, dan memupuk kebanggaan serta jiwa Korsa TNI.

Wuryanto menjelaskan, tema yang diangkat tahun ini bermakna TNI bertujuan merefleksikan niat, tekad dan semangat patriotik dan profesionalisme prajurit TNI untuk selalu berbuat dan berkarya lebih baik.

“Lebih berkualitas dan lebih berkapasitas dalam bingkai NKRI,” kata Wuryanto. (Mlk)

article bottom ad