Home Jala Angkatan Laut Thailand Gelar Latihan Bersama TNI AL di Laut Jawa

Angkatan Laut Thailand Gelar Latihan Bersama TNI AL di Laut Jawa

SHARE
article top ad

Sidoarjo, MB – TNI AL mendapat kunjungan 10 personel Royal Thai Navy (RTN) di Sidoarjo, Rabu 2 Maret 2017. Kedatangan 10 personel Royal Thai Navy dibawah pimpinan Deputy Commander Task Grup Captain Surasak tersebut, disambut hangat oleh Aslog Danpasmar-1 Kolonel Marinir Budiarso.

Sebagaimana dikutip dalam rilisnya, Kamis 3 Agustus 2017, kunjungan AL Thailand ke Mako Pasmar-1 Gedagan, Sidoarjo ini demi mempererat tali silaturahmi dan latihan bersama TNI AL dengan sandi latihan “Sea Garuda 19AB-17.”

article inline ad

Latihan gabungan ini diadakan secara rutin setiap dua tahun sekali. Terakhir latihan gabungan digelar pada tahun 2015.

Latihan kali ini dimulai dari tanggal 1 sampai 11 Agustus 2017. Latihan Sea Garuda 19AB-17 melibatkan 2 kapal perang TNI AL yakni KRI Diponegoro-365 dan KRI Sultan Hasanuddin -366 serta unsur udara seperti Helikopter BO-105 dan CN-235 MPA dari Puspenerbal.

Sedangkan Angkatan Laut Thailand melibatkan 2 kapal perangnya yaitu HTMS Khirirat-432 dan HTMS Shukotai-442. Latihan akan dilaksanakan di Laut Jawa.

Latihan Sea Garuda 19AB-17 kali ini, juga melibatkan prajurit Korps Marinir TNI AL dalam latihan taktik perang amfibi, serta manuver lapangan dengan tujuan berbagi pengetahuan dan pengalaman antara kedua Angkatan Laut dua negara ASEAN tersebut. (Hend)

article bottom ad