Home Tribrata Apa Alasan Kapolri Mutasi Muhammad Iriawan dari Jabatan Kapolda Metro Jaya?

Apa Alasan Kapolri Mutasi Muhammad Iriawan dari Jabatan Kapolda Metro Jaya?

SHARE
article top ad

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian resmi melantik Irjen Muhammad Iriawan sebagai Asisten Operasi Kapolri. Iriawan sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya.

Tito memuji kerja anak buahnya itu selama menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. “Menghadapi demo, kasus-kasus narkotika, ada pembunuhan, perampokan, relatif cukup baik. Sehingga Jakarta saya rasa situasinya saat ini relatif tenang,” ujar Tito, di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu 26 Juli 2017.

article inline ad

Iriawan dianggap sukses melewati masa-masa puncak kerawanan keamanan saat Pilkada DKI Jakarta berlangsung.

Selnjutnya Tito mengatakan, dengan jabatan baru sebagai Asisten Operasi Kapolri, Iriawan akan menghadapi ruang lingkup yang lebih luas.

Jika sebelumnya hanya mengamankan Pilkada Jakarta, Iriawan nantinya akan jadi sosok penting untuk mengamankan ratusan wilayah lain yang menggelar Pilkada.

Selain itu, ada penyelenggaraan Asian Games dan IMF World Bank Conference di mana ratusan negara akan hadir.

“Saya memerlukan energi Pak Kapolda (Iriawan) ini, disalurkan ke tempat yang sekarang mendapat tantangan baru,” ujar Tito.

Tito mengatakan, Muhammad Iriawan juga dibutuhkan dalam mengamankan Pemilu 2019 yang perlu persiapan sejak jauh-jauh hari. Iriawan dianggap mumpuni menghadapi tantangan yang lebih besar dengan menjadi asisten Tito.

“Beliau sudah hampir 10 bulan lebih (jadi Kapolda), tidak lama-lama juga seperti saya Kapolda Metro dulu,” pungkas Kapolri. (Mlk)

article bottom ad