Home Tribrata Jokowi Lantik 729 Taruna dan Taruni TNI-Polri di Istana

Jokowi Lantik 729 Taruna dan Taruni TNI-Polri di Istana

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Presiden Joko Widodo melantik 729 taruna dan taruni Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian. Pelantikan dilakukan dalam acara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri di halaman Istana Merdeka, Selasa pagi, 25 Juli 2017.

Upacara pelantikan dihadiri antara lain Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan kepala staf angkatan. Acara juga dihadiri keluarga dari para taruna dan taruni.

article inline ad

Presiden Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara. Komandan upacara diemban Kolonel Laut (P) Edwin lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1991 yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Resimen Taruna Akademi Angkatan Laut.

Pelantikan calon perwira remaja ini adalah yang pertama kali pada era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Namun, bukan yang pertama kali di dalam sejarah TNI dan Polri.

“Dalam sejarah Istana, pelantikan seperti ini bukan yang pertama kali. Terakhir itu dilaksanakan pada tahun 2003, pada era Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri,” ujar Deputi Media dan Protokol Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Selasa pagi.

Sejak tahun 1984 hingga tahun 2003 sendiri, pelantikan perwira remaja selalu dilaksanakan di Istana Presiden. Namun, setelah 2003 hingga 2016, pelantikan dilaksanakan bergilir di setiap matra TNI dan Polri.

Untuk diketahui, Praspa TNI-Polri merupakan upacara pelantikan para taruna dan taruni yang telah lulus pendidikan menjadi perwira pertama. Mereka mendapat pangkat Letnan Dua bagi lulusan Akademi Angkatan dan Inspektur Dua bagi ukusan Akademi Kepolisian.

Adapun dari 729 yang dilantik Presiden, dari Akademi Militer ada sebanyak 225 orang, terdiri dari 208 taruna, 16 taruni, dan 1 orang taruna National Defence Academy. Dari Akademi Angkatan Laut terdiri dari 84 taruna dan 10 taruni.

Dari Akademi Angkatan Udara terdiri dari 105 taruna, 12 taruni, dan 1 taruna National Defence Academy. Sementara dari Akademi Kepolisian berjumlah 292 orang, terdiri dari 243 taruna dan 49 taruni.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga akan menganugerahkan penghargaan Adhi Makayasa pada empat taruna/taruni terbaik. Penghargaan diberikan pada mereka yang secara seimbang mampu menunjukan prestasi terbaik di tiga aspek, yaitu akademis, jasmani, dan kepribadian. (Mlk)

article bottom ad