Home Niaga Pemkab Tangerang Berkomitmen Kembangkan Ekonomi Masyarakat

Pemkab Tangerang Berkomitmen Kembangkan Ekonomi Masyarakat

SHARE
article top ad

Tangerang, Mediabhayangkara.co.id – Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar terus berupaya meningkatkan ekonomi masyarakatnya. Hal tersebut tampak dalam dialog antara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskum) Kabupaten Tangerang H. Teddi Suwardi dengan Pengurus dan anggota Himpunan Home Industri dan Pengrajin Tangerang Raya (HIPTAR) Banten.

Pertemuan tersebut digelar di Desa Jiunjieng, Cisoka, Rabu 19 Juli 2017 lalu.

article inline ad

Teddi menjelaskan, Bupati Tangerang A Zaky Iskandar, di periode 2017-2018, programnya akan fokus pada bidang prekonomian, termasuk bidang koperasi dan usaha kecil.

“Pemkab Tangerang, sebenarnya komit dalam mengembangkan ekonomi masyarakat, namun kita sendiri untuk pengadaan dan permodalan juga tidak ada programnya, tapi anggaran kita baik itu melalui dana  reses anggota dewan hanya di bidang pembinaan dan penyuluhan saja,” ujar Teddi.

Ia menjelaskan, jika untuk pengembangan melalui dana hibah harus sesegera mungkin dipersiapkan legalitasnya, “barulah bantuan tersebut bisa dikucurkan, sebab semuanya butuh pengelolaan serta administrasi yang baik.”

Sementara untuk potensi lain, pihaknya siap berjuang untuk menggaet anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Termasuk untuk mempromosikan produk-produk HAPTAR-Banten nanti, apalagi dalam waktu dekat ini, HUT Koperasi Tingkat Provinsi Banten akan digelar, di sana kita buat pajangannya. Saya bersyukur atas kooperatifnya masyarakat, ini cukup baik untuk dikembangkan, sebab membangun itu tentu harus bersama-sama dengan pemerintah, apalagi potensi seperti ini jarang dimiliki daerah lainnya,” ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Kades Jiunjieng, Maryono yang juga sebagai Penasehat HIPTAR-Banten menerangkan, hasil home industri dan kerajinan di Tangerang tidak hanya dalam bentuk sepatu saja, ada tas, jersy, Tempe, Tahu dan lainnya.

“Hendaknya industri rumah tangga atau usaha kecil ini, bisa diakomodir HIPTAR-Banten bekerjasama dengan pemerintah daerah, provinsi dan pusat, dampaknya masyarakat kecil bisa terbantu, ” sebut Maryono.

Ketua HIPTAR-Banten, Endang B. Jata mengungkapkan, organisasi ini muncul untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi penggiat home industri dan pengrajin. Ia menyebut beberapa kendala semisal, minimnya permodalan, sehingga kurang bisa meningkatkan asaha atau ekonomi dari masyarakat kecil itu sendiri.

“Apalagi, peralatan yang masih terbatas, sehingga produksinya tidak maksimal, maka kami berharap pada melalui Kadiskum H. Teddi Suwardi bisa menyampaikan kepada Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar agar kami dibantu mengenai permodalan dan dan alat-alat produksi,” bebernya.

Anggota HIPTAR-Banten, ujarnya, beranggotakan sekitar 200 pegiat home industri dan pengrajin yang butuh pembinaan konprehensif dari pemerintah daerah. (Satria)

article bottom ad