Home General Gambar Panglima TNI Muncul di Poster Aksi 212, Ini Respon Mabes TNI

Gambar Panglima TNI Muncul di Poster Aksi 212, Ini Respon Mabes TNI

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Markas Besar Tentara Nasional Indonesia bereaksi terhadap munculnya poster Aksi 212 yang turut menampilkan gambar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Poster yang sempat tersebar di media sosial itu dipastikan palsu. TNI membantah bahwa Gatot terlibat dalam kegiatan yang diinisiai Forum Umat Islam (FUI) tersebut.

“Berita itu hoax, tidak benar, dan berita bohong,” ujar Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayor Jenderal Wuryanto lewat keterangan tertulisnya, Senin, 20 Februari 2017.

article inline ad

Poster itu menampikan gambar Gatot dan sejumlah ulama, serta undangan kegiatan bertajuk ‘Aksi Damai Bela Islam 5’ di Gedung DPR Senayan, Selasa, 21 Februari 2017.

Selain Panglima Gatot, poster menampilkan gambar Petinggi Front Pembela Islam Rizieq Shihab, Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bachtiar Nasir, sejumlah ulama seperti Ali Jaber, Arifin Ilham, hingga Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa AA Gym.

Bantahan TNI muncul lantaran poster itu menampilkan Gatot seolah sebagai salah satu penggagas aksi 21 Februari tersebut.

Sebagaimana telah diketahui, dalam aksi unjuk rasa yang berlangsung hari ini, massa rencananya akan menyampaikan tuntutan agar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dicopot dari jabatannya. Ada juga tuntutan untuk penghentian kriminalisasi terhadap ulama, setop penangkapan mahasiswa, dan mendesak aparat hukum memenjarakan penista agama.

Sasaran aksi adalah Gedung DPR/MPR RI. Adapun GNPF MUI dan FPI dipastikan tidak terlibat dalam aksi. Dua hari sebelum aksi digelar, Minggu malam, 19 Februari 2017, kuasa hukum GNPF-MUI, Kapitra Ampera, menegaskan GNPF-MUI dan FPI tidak terlibat aksi itu. “Secara kelembagaan, FPI tidak ikut, tapi saya kira anggota-anggotanya, namanya umat Islam, pasti ikut,” kata dia. (Mlk)

article bottom ad