Home Nusantara SELEKSI DEWAN PENDIDIKAN TANGSEL MEMASUKI TAHAP AKHIR

SELEKSI DEWAN PENDIDIKAN TANGSEL MEMASUKI TAHAP AKHIR

SHARE
article top ad

SERPONG,  Media BHAYANGKARA.CO.ID –Tahapan akhir seleksi anggota Dewan Pendidikan Kota Tangsel untuk jabatan 2016 -2021 dilaksanakan di Pranaya Suites Hotel Commercial Park BDC BSD Lot VIII No.3, Serpong, Tangerang Selatan, Indonesia, 15321,  Senin (28/11/2016).

Tim seleksi Dewan Pendidikan berjumlah 3 (tiga)  orang, yaitu Sridoyo Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan,  Drs. H. ZAENAL ARIFIN, MM. M.Sc Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan, dan Imam Supingi Kabid  Pengawasan Pendidikan Tangsel.

article inline ad

Ada 35 peserta calon Dewan Pendidikan ikut mendaftar dan hanya 12 peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti seleksi akhir, terdiri dari unsur pendidikan,  tokoh masyarakat, LSM dan organisasi lainnya.

Seleksi Dewan Pendidikan Tangsel

Diutarakan Imam Supingi kepada awak media,  bahwa tahapan dari awal hingga pelaksanaan wawancara sudah kita lakukan sesuai dengan standar dan prosedur yang ditetapkan. Tahapan kita lakukan dari seleksi berkas peserta, Seleksi Karya Tulis dan terakhir  wawancara bagi yang lolos dari seleksi sebelumnya.

“Tahapan pendaftaran di website berjumlah 35 peserta, ketika dilaksanakan seleksi pemberkasan, seperti SKCK,  Keterangan kesehatan peserta bebas obat terlarang dari instansi terkait, akhirnya yang dinyatakan lolos ada 12 peserta, “ujar Imam Supingi.

“Secara garis besar,  yang kita uji kepada peserta tentang wawasan, tujuan, kemandirian, fungsi dan tugas pokok dewan pendidikan, misalnya apa upaya Dewan Pendidikan dalam memberikan rekomendasi kepada pemda kedepannya,”kata Imam.

Dalam waktu dua minggu, sangatlah cukup bagi kami tim seleksi untuk mendapatkan anggota Dewan Pendidikan. Dengan harapan Dewan Pendidikan diisi orang yang memiliki kemampuan, profesional, loyal, pekerja keras dan memiliki tingkat kepedulian dalam memperjuangkan dunia pendidikan ke depan.

Seperti yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah  Nomor: 17 Tahun 2010, tentang pengelolaan dan  penyelenggaraan Pendidikan  secara jelas mengatur fungsi  dan tugas Dewan Pendidikan, yang diuraikan  di Pasal 192 ayat (2), (3), (4), (5) didalamnya.

Ust H.Abdul Rojak  dari unsur tokoh masyarakat  dan juga  Sekjen MUI Kota Tangsel mengatakan,  dewan pendidikan dibutuhkan untuk memberikan rekomendasi kepada pemda setelah melalui berbagai tahapan – tahapan yang harus dilalui.

“Ini untuk kemajuan dunia pendidikan Kota Tangsel,”katanya.

Mengenai keberadaan dewan pendidikan sebelumnya,  beliau menyatakan sudah baik dan hanya diperlukan peningkatan dan kinerja yang lebih maksimal lagi dan ini  tugas dewan pendidikan kedepan, siapapun yang akan lolos dan duduk di dewan pendidikan harus memiliki komitmen dan loyalitas terhadap dunia pendidikan kita. “ujarnya usai mengikuti tes wawancara.

Sedangkan dari unsur pendidik yang mengikuti tes wawancara, Iwan Setiyono, S. Pd guru swasta SMK Insan Kreatif, jl.H.Samad Perigi Lama,  RT 04/02 Pondok Aren, Tangsel juga mengatakan peran dewan pendidikan harus ditingkatkan sesuai dengan PP Nomor 17/2010 , menerima,  memverifikasi,   dan memberikan saran hingga rekomendasi kepada pemda.

Prinsipnya dewan pendidikan  yang non struktural dapat memberikan warna baru bagi dunia pendidikan kota tangsel sehingga masyarakat merasakan dan melihat fungsi dan tugas dewan pensisikan yang sesungguhnya.

Pewarta : Lingga

Editor : HDX / LNG

MBcopyright@2016

article bottom ad