Home Nusantara Polsek Tabir Provinsi Jambi dibakar karena penangkapan seorang warga penambang emas...

Polsek Tabir Provinsi Jambi dibakar karena penangkapan seorang warga penambang emas tanpa izin.

SHARE
article top ad

Jambi, mediabhayangkara.co.id – Berawal dari ditangkap nya seorang warga bernama iskandar yang diamankan polisi ketika menjual emas yang diduga hasil Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) ditoko emas milik “del” pada sabtu siang (27/8/2016). Sebagian besar masyarakat yg melihat tidak setuju melihat kejadian penangkapan di pasar tersebut.

Kemudian sekitar pukul 20.00 massa berkumpul dan bergerak menuju Polsek Tabir Kabupaten Sarolangun, Jambi untuk menanyakan perihal penangkapan tersebut. Setibanya massa di Polsek Tabir suasana mulai memanas karena warga yg ditangkap tidak di temukan di polsek tersebut.

article inline ad

Sekitar pukul 20.30 emosi warga mulai memanas dan menuntut agar warga yang ditangkap di bebaskan sambil melempari kantor polsek dengan batu,  kemudian tokoh masyarakat, Danramil, Babinsa, dan Sat Intel mencoba meredam emosi warga.

Pukul 22.00 Kapolres Merangin, AKBP Munggaran Kartayuga, memimpin langsung negosiasi dengan warga, Sabtu (27/8) malam, namun jumlah massa yang besar dalam kondisi sangat tidak terkendali.

Akhirnya beringasnya warga yang marah memakan korban. Tidak hanya kantor Polsek Tabir yang dirusak dan dibakar. Kapolres Merangin pun dilempari warga.

Kemudian setelah datang satu peleton sabhara dan Detasemen B Brimob Pamenang melepaskan tembakan peringatan  dan gas airmata terhadap kerumunan warga, massa yg terkonsentrasi dapat di bubarkan dan pelaku pembakaran diamankan polisi sehingga keadaan malam itu sekitar pukul 23.45 sudah mulai kondusif.

( Dra )

article bottom ad